Biografi euronymous


Øystein Aarseth (lahir di EgersundNorwegia22 Maret 1968 – meninggal di OsloNorwegia10 Agustus 1993 pada umur 25 tahun) adalah gitaris kelompok musik black metal Norwegia Mayhemyang memiliki nama panggung Euronymous. Ia adalah pendiri perusahaan rekaman extreme/black metal Deathlike Silence, dan toko rekaman di Oslo Helvete.
Euronymous
Deadand e.jpg
Dead dan Euronymous, c. 1990
Latar belakang
Nama lahirØystein Aarseth
Meninggal10 Agustus 1993(umur 25)
OsloNorwegia
GenreBlack metal
PekerjaanMusisi (gitaris)
InstrumenGitar listrik
Tahun aktif1983–1993
Artis terkaitMayhem
L.E.G.O.
Checker Patrol
Horn
Burzum
Instrumen khusus
Gibson Cherry Sunburst Classic Les Paul

Alat musikSunting

Euronymous memainkan gitar Gibson Les Paul dengan teknik solo mirip dengan Trey Azagthothdari Morbid Angel. Ia terpengaruh oleh Venom, Bathory, Celtic Frost, dan Sodom; menggunakan amplifier Marshall Half Stack dan pedal Ibanez tube screamer.

BiografiSunting

Aarseth membentuk Mayhem pada 1983. Pada saat itu ia memiliki nama panggung Destructortetapi begitu bergabung dengan band ini ia mengubahnya menjadi Euronymous yang diambil dari sebuah lagu karya Hellhammer. Ia membuka toko rekaman Helvete (bahasa Norwegia: neraka) dan perusahaan rekamannya sendiri dengan nama Deathlike Silence. Ketika vokalis Mayhem Deadbunuh diri pada April 1991, Aarseth menemukan jenazahnya dan membuat foto yang kemudian dibuat sampul album. Konon ia memakan otak Dead, namun ia menyangkal hal itu. Ia juga konon membuat kalung dari serpihan tengkorak Dead, dan mengirim beberapa serpih ke band Mardukdan Samael. Dalam sebuah wawancara, Hellhammer mengatakan bahwa kalung itu dicuri dalam sebuah tur.
Pada 1993, Øystein Aarseth mati ditusuk Varg Vikernes, yang memiliki nama panggung Count Grishnackh. Menurut laporan polisi, ia ditusuk 23 kali: 2 di kepala, 5 di leher, dan 16 di punggung.
Setelah kematian Aarseth, Mayhem merekam album De Mysteriis Dom Sathanas. Ibu Euronymous memohon kepada Hellhammer, drummer Mayhem, agar rekaman bass Count Grishnackh dihapus. Walaupun Hellhammer menyanggupi untuk merekam ulang bass, ia sebenarnya tidak mampu, sehingga album itu masih mengandung rekaman bass Grishnackh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Awal mula Genre Musik PowerViolence

Sejarah Band Black Metal Mayhem

Biografi Black Flag Band Punk pada era 1970